INDONESIAKU – Riau Api yang Tak Kunjung Padam

INDONESIAKU, 25 September 2018

Memasuki musim kemarau panjang, menjadi hal yang cukup menyulitkan bagi Provinsi Riau. Bagaimana tidak, wilayahnya yang di dominasi oleh lahan gambut membuatnya memiliki potensi terbakar saat lahan lahan gambut ini mengering. Patroli udara menjadi bagian penting untuk memantau titik panas dan titik api yang ada di wilayah ini.

Sayangnya, kesulitan akses menjadi salah satu kendala yang di temui tim Satgas Karhutla provinsi Riau saat akan memadamkan api. Untuk memudahkan pemadaman, pemerintah pun menurunkan helikopter water bombing untuk menyiram titik api dari udara.


Selain karena musim kemarau yang panjang, terjadinya kebakaran hutan dan lahan tidak terlepas dari belum tegasnya penegakan hukum terhadap para pelaku pembakaran. Pembakaran lahan yang dilakukan demi alasan pembukaan lahan baru menjadi sebuah kegiatan berulang saat memasuki musim tanam.

Minimnya efek jera, membuat kegiatan ini terus berlangsung tanpa henti. Demi menjaga wilayahnya agar tidak terbakar, ada sebagian masyarakat yang peduli terhadap api. Pembangunan sekat kanal dan penanaman buah nanas, menjadi salah satu cara mereka meminimalisir kebakaran yang terjadi pada lahan gambut saat memasuki musim kemarau panjang.

Ikuti penelusuran Yudhistira Nugraha dan Radityo Adinegoro di Riau bersama Jikalahari dalam episode INDONESIAKU: API YANG TAK KUNJUNG PADAM

PART 1 : https://youtu.be/GUBEFFSiWCM
PART 2 : https://youtu.be/4woUgmAggKs
PART 3 : https://youtu.be/Rxdrguizv6I

About Nurul Fitria

Staf Advokasi dan Kampanye Jikalahari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *