Bersama Masyarakat Menggalang Dukungan Dunia Internasional

Skotlandia, United Kingdom — Jikalahari bersama perwakilan masyarakat Bengkalis mengikuti Pertemuan Dewan Pengarah Environmental Paper Network (EPN).  Mulai 30 Mei 2016 sampai 6 Juni 2016 berada di Negeri Ratu Elisabet berkampanye, menyampaikan fakta dan menggalang dukungan atas konflik yang sedang dihadapi masyarakat Pulau Bengkalis. Konflik yang terjadi antar Masyarakat dengan PT Rimba Rokan Lestari.

Adapun agenda kegiatan selama di Eropa tersebut ialah sebagai berikut:

Senin, 30 Mei 2016

Pertemuan Dewan Pengarah Environmental Paper Network (EPN). Woro Supartinah (Koordinator Jikalahari) adalah salah satu anggota Dewan Pengarah dari EPN.

Selasa, 31 Mei 2016

Pertemuan tahunan Environmental Paper Network (EPN) yang mendiskusikan tentang fakta terkini dari gerakan kampanye kertas di Eropa dan jaringannya dan kampanye prioritas yang akan dilakukan di Eropa.

Rabu – Jumat, 1 – 3 Juni 2016

Pertemuan The Forest Movement Europe, pertemuan regular dari aktivis lingkungan/hutan di Eropa. Pada hari ke 3, Woro Supartinah dan perwakilan dari masyarakat Bengkalis yang saat ini sedang mengalami penyerobotan lahan oleh PT. RRL, pemasok dari PT. RAPP.

Senin, 6 Juni 2016

Pertemuan dengan beberapa donor/funding untuk membicarakan tantangan dalam melakukan kerja-kerja penyelamatan hutan di Indonesia.

Beberapa hasil penting :

  • Kampanye di Eropa lebih difokuskan pada kampanye untuk pengurangan konsumsi kertas / dan atau produk turunannya (paper cup, packaging, dll). Kampanye pengurangan konsumsi kertas ini didasarkan pada masih masifnya kerusakan sosial dan lingkungan yang disebabkan dari produksi kertas/ dan atau produksi turunannya.
  • Kampanye menentang produksi kertas yang merusak difokuskan di wilayah Indonesia, Cina, dan Rusia.
  • Informasi yang dpresentasikan/disampaikan dijadikan bahan untuk menekan APRIL, bagi pegiat/aktivis di Eropa yang saat ini sedang melakukan pembicaraan dengan APRIL.
  • Akan ada pertemuan lanjutan dengan kelompok financiers.

Berikut beberapa dokumentasi kegiatan pertemuan tahunan Environmental Paper Network (EPN)

Presentasi Kasus

Presentasi Kasus Bengkalis oleh Pak Tarmizi, perwakilan warga Bengkalis

Wiston Lodge

Foto bersama Masyarakat Eropa di sela-sela acara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *